Cloud Computing – Google Docs Dan Ubuntu One

apa itu ubuntu one?

Ubuntu one pada dasarnya merupakan komponen dari cloud computing, dimana cloud computing itu sendiri menggambarkan service yang digunakan untuk web mail atau foto album online. Jadi, sebenaranya apa sih ubuntu one? Ubuntu one adalah personal cloud computer yang dapat di akses dimanapun dan kapanpun hanya dengan menggunakan akses internet. Well, intinya ubuntu one hampir sama dengan aplikasi service seperti dropbox.

Seperti Dropbox, Ubuntu One menciptakan folder pada hard drive anda (dalam direktori Home anda), yang isinya secara otomatis merupakan cadangan data online dan disinkronisasikan ke PC lain yang menjalankan Ubuntu One. Folder tersebut memiliki cara gampang atau shortcut dalam menu Places anda dan icon pada tray sistem untuk menampilkan kapan anda terhubung, terputus, atau memperbarui file.

Selain itu kita juga dapat menggunakan situs web Ubuntu One untuk mengakses isi folder Ubuntu One anda dari komputer manapun dengan akses Internet, bahkan mereka yang tidak memiliki instalasi klien Ubuntu One. Tetapi menggunakan interface Web untuk mengakses Ubuntu One file pada PC yang non Ubuntu menjadi sedikit membingungkan.

Selain sinkronisasi folder dan back up data, Ubuntu One juga terintegrasi dengan manajemen informasi pribadi untuk backup dan sinkronisasi kontak. Selain itu juga memiliki fitur yang sudah  integrasi untuk memastikan anda selalu up-to-date pada semua sistem anda, dan diakses secara online. Integrasi tersebut memang bagus, namun hanya terbatas pada OS Ubuntu dan saat ini dibatasi untuk Evolusi dan Tomboy.

Google Docs

Sebelum membahas Google Docs, saya akan membahas sedikit tentang Cloud Computing. Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia Komputasi Awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Menurut The National Institute of Standards and Technology (NIST) Cloud computing menyediakan komputasi, perangkat lunak, akses data, dan jasa penyimpanan yang tidak memerlukan pengetahuan end-user dari lokasi fisik dan konfigurasi dari sistem yang memberikan layanan. Paralel dengan konsep ini dapat ditarik dengan jaringan listrik, dimana end-user mengkonsumsi daya tanpa perlu memahami perangkat komponen atau infrastruktur yang diperlukan untuk menyediakan layanan.

Google docs merupakan satu dari sekian banyak layanan document-sharing pada Cloud Computing. Mayoritas dari layanan document-sharing memerlukan biaya pengguna, sedangkan Google Docs gratis. Popularitasnya di antara dunia bisnis sedang berkembang karena berbagi fitur dan aksesibilitas ditingkatkan. Selain itu, Google Docs telah menikmati peningkatan pesat dalam popularitas di kalangan mahasiswa dan lembaga pendidikan.

Google Docs merupakan layanan pengolah kata atau dokumen, presentasi, spreadsheet, form, dan drawing berbasis web. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen online saat berkolaborasi secara real-time dengan pengguna lain dan Google Docs ini mirip dengan Microsoft Office. Selain itu, pada Google Docs ini pengguna dapat meng-upload file, images juga video. Untuk meng-upload file, images atau video pengguna dapat memilih menu Upload kemudian pilih Basic.

Untuk membuat dokumen, pengguna dapat memilih menu Create new kemudian pilih document. Setelah itu, akan muncul tampilan document nya. Ada beberapa menu yang terdapat pada document Google Docs sama seperti document pada Microsoft Word. Pada document yang terdapat di Google Docs terdapat menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, dan Help. Pengguna juga dapat memilih jenis huruf untuk tulisan dengan memilih Font dan mengatur ukuran hurufnya dengan memilih Font size nya. Berikut adalah tampilannya.

Selain membuat dokumen, pengguna dapat juga membuat slide atau presentasi. Pengguna dapat memilih menu Create new kemudian pilih Presentation. Menu-menu yang terdapat pada Presentation adalah File, Edit, View, Insert, Format, Slide, Table, dan Help. Berikut adalah tampilannya.

Untuk membuat spreadsheet seperti pada Microsoft Excel, pengguna dapat memilih Create new kemudian pilih Spreadsheet. Menu-menu yang terdapat pada Spreadsheet ini adalah File, Edit, View, Insert, Format, Data, Tools, dan Help. Berikut tampilannya.

Untuk membuat form atau formulir pada Google Docs, pengguna dapat memilih menu Create new kemudian pilih Form. Berikut merupakan tampilan form.

Selanjutnya jika pengguna ingin menggambar, pengguna dapat memilih Create new kemudian pilih Drawing. Menu-menu yang terdapat pada Drawing ini adalah File, Edit, View, Insert, Format, Arrange, dan Help. Berikut merupakan tampilan drawing.

Sumber :

http://www.tomshardware.com

https://one.ubuntu.com

https://wiki.ubuntu.com/UbuntuOne

http://en.wikipedia.org/wiki/Ubuntu_One

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s