Cara Mudah Membuat OS Linux Mint Portable Di Flashdisk

Anda pengguna Linux dan sering beraktivitas dengan OS open source ini? Apa yang terjadi bila anda ingin memakai Linux akan tetapi mendapati komputer yang ber-OS lain? Cukup dengan berbekal dengan flashdisk dan PC ber OS apapun anda bisa menjalankan Linux Mint dari flashdisk mungkin dulu kita memakai Live CD untuk bisa menikmati Linux Mint di PC lain tapi sekarang sudah tak jamannya lagi kemana-mana membawa cd.

Kenapa harus Linux Mint sementara masih banyak distro lain bertebaran diluar sana? Salah satu alasan terkuat adalah Linux Mint merupakan distro yang kompatibel di segala jenis komputer dan tampilannya pun mudah dipahami dan sederhana serta cocok bagi para pemula linux.
Apabila anda memiliki flashdisk berkapasitas minimal 1GB (semakin besar lebih baik karena anda bisa menginstall bermacam-macam aplikasi) anda bisa menginstall OS Mint langsung dan menjalankannya di PC manapun. Dan tool yang bisa digunakan untuk membuat Flashdisk Anda terisi Ubuntu, anda bisa menggunakan Unetbootin yang bisa diunduh di http://unetbootin.sourceforge.net/
Pilih aplikasi berbasis Windows, Linux atau Mac OS yang sesuai dengan PC yang akan digunakan sebagai basis saat membuat flashdisk ber-OS. DI tutorial kali ini kita memakai Windows sebagai basis PC kita. Lalu pilih Download (for Windows).
Jika anda belum memiliki file ISO Mint silahkan mendownload versi terbaru Mint di http://www.linuxmint.com/edition.php?id=115. Versi teranyar Mint saat ini Linux Mint 13 maya lalu pilih sesuai keinginan anda,sebaiknya pilih KDE. Setelah file ISO selesai diunduh, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Siapkan file ISO Mint yang telah diunduh. Letakkan file tersebut di folder tertentu agar lebih mudah menemukannya.
2. Sebelumnya format flashdisk anda dengan format FAT atau FAT32. Karena FAT mampu dikenal oleh BIOS komputer-komputer lama.
3. Jalankan aplikasi Unetbootin yang sudah diunduh terlebih dahulu klik 2x bagi WIndows XP dan klik kanan lalu klik run as administrator bagi WIndows Vista dan 7. Lalu akan muncul window seperti dibawah ini.

4. Ada dua pilihan. Distribution jika anda ingin memilih distro lain dan langsung mendownload file ISO dari internet. Pilihan kedua adalah DIskimage. Gunakan pilihan ini jika anda sudah memiliki file ISO di dalam Harddisk, lalu klik browse. Kemudian di pilihan Type pilih USB Drive.
5. Jika sudah menentukan semua pilihan di window tersebut, klik tombol OK. Maka proses pembuatan akan segera dimulai.

6. Tunggu sampai proses selesai. Sampai muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk mengetest hasil instalasi OS silahkan reboot komputer anda.
7. Pada saat proses reboot pastikan anda bisa masuk ke BIOS anda, biasanya dengan menekan tombol Delete di keyboard. Lakukan perubahan pada boot setting. Pilih USB Drive sebagai sumber booting pertama, jika sudah anda tinggal simpan settingan BIOS dan lakukan reboot ulang. Dan pastikan USB Drive anda tetap terpasang.
8. Proses booting akan dilakukan dengan menggunakan flashdisk anda dan jika anda sudah masuk ke menu login Ubuntu selamat anda sudah sukses menginstall Ubuntu di flashdisk, tanpa perlu membuat partisi baru di harddisk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s