10 Fitur Unik Android Jelly Bean


Diluncurkan pertama kali pada acara Google I/O Conference yang dihelat pada tanggal 28 Juni lalu, Jelly Bean tentu telah menyedot perhatian banyak kalangan. Dengan jumlah aktivasi Android per hari yang telah mencapai 1 juta buah, tentu banyak para pengguna yang penasaran tentang fitur baru apa saja yang ditawarkan oleh versi teranyar yang dikatakan oleh Google dibangun diatas dasar Ice Cream Sandwich ini. Berikut ini PULSA sajikan kepada Anda beberapa fitur baru Jelly Bean yang sudah dapat dinikmati oleh Anda pengguna smartphone Galaxy Nexus:

1. Google Now
Ketika Google mengumumkan Jelly Bean, Google Now disebut-sebut sebagai fitur yang paling diunggulkan dari versi yang mengusung kode 4.1 ini. Google Now dikatakan akan memberikan kepada pengguna informasi yang tepat pada saat yang tepat pula. Informasi dalam Google Now disajikan dalam bentuk kartu-kartu informasi yang merepresentasikan beberapa jenis informasi yang berbeda-beda seperti cuaca, lokasi, skor olahraga dan sebagainya. Berikut PULSA sajikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Google Now untuk perangkat baik ponsel maupun tablet yang menjalankan Android Jelly Bean:

• Silakan geser ke atas ikon setengah lingkaran atau semi circle yang muncul ketika ponsel dalam posisi terkunci.

• Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan Google Now untuk pertama kalinya. Anda tinggal pilih Next hingga muncul pesan “Get Google Now”. Silakan pilih “Yes I’m In” untuk memulai setting Google Now.

• Untuk mendapatkan jenis informasi yang Anda cari silakan pilih “Show Sample Cards”, maka akan tampil kartu-kartu informasi yang tersedia.

• Silakan pilih “settings” dan geser ikon ke arah kanan untuk mengaktifkan kartu tersebut.

• Pada menu “settings” terdapat beberapa item yang disesuaikan dengan kartu informasi yang dipilih. Contohnya ketika Anda memilih Weather atau cuaca, maka Anda dapat menentukan lokasi, notifikasi, satuan suhu yang dipakai serta “card appears”. Card Appears memungkinkan Anda untuk menentukan kemunculan info cuaca yang diinginkan apakah setiap saat, di pagi hari atau di malam hari.

2. Notifications

Meski bar notifikasi yang diusung oleh Jelly Bean tidak mengalami banyak perubahan, namun begitu Anda dapat dengan mudah melihat beberapa peningkatan. Salah satunya ketika Anda menerima pesan sms, maka bar notifikasi akan menampilkan pilihan “quick reply” yang memungkinkan Anda untuk menjawab langsung pesan tanpa harus masuk ke menu pesan. Anda juga dapat menelepon langsung dengan memilih “telepon”. Sementara itu ketika Anda menerima email masuk, maka Anda dapat melihat preview dari email tersebut.

3. Google Assistant

Popularitas SIRI besutan Apple, tentu telah membuat kompetitor untuk mau tidak mau mengejar dengan menawarkan produk serupa dengan kualitas yang lebih baik. Untuk itulah Google meluncurkan Google Assistant, yang menggunakan basis fitur perintah suara. Anda dapat mengirim sms, email, menelepon teman dan sebagainya. Untuk mengaktifkan Google Assistant, silakan tekan ikon mikrofon yang terdapat pada kotak pencarian Google.

4. Face Unlock dengan Liveness Check

Face Unlock pada Jelly Bean memang bukanlah hal yang baru, karena fitur ini telah diperkenalkan sebelumnya pada versi Ice Cream Sandwich. Namun begitu, Anda semua tentu telah tahu bahwa Face Unlock dapat dengan mudah dikelabui menggunakan foto. Oleh karena itu pada update Android yang terbaru ini, Google menambahkan fitur Liveness Check yang mengharuskan pengguna mengedipkan matanya untuk membuka kunci layar. Jika pengguna tidak mengedipkan mata, Jelly Bean akan mengharuskan Anda untuk memasukkan password atau pola sesuai dengan pengaturan yang Anda lakukan saat fitur Face Unlock diaktifkan.

5. Screen Capture

Meski juga bukan merupakan fitur baru, Google menambahkan beberapa fitur baru pada Jelly Bean. Untuk mengambil screen capture, Anda cukup menekan tombol power dan volume bagian bawah secara berbarengan. Setelah gambar berhasil diambil, pengguna dapat langsung mengeditnya. Anda dapat melakukan cropping, rotasi, dan membagikannya melalui email atau jejaring sosial.

6. Say it Offline

Speech to text memang merupakan fitur yang telah lama ada pada Android beberapa waktu lalu. Nah pada Jelly Bean, Anda dapat mengkonversi ucapan kedalam teks tanpa harus terhubung dengan koneksi data operator atau Wi-Fi. Ya, menulis pesan dengan perintah suara kini mungkin untuk Anda lakukan meski perangkat tidak tersambung ke internet. Hal ini dimungkinkan, karena pengenalan suara kini dapat dilakukan langsung dari perangkat Jelly bean tanpa harus diupload terlebih dulu ke server.

7. Smart Widget

Pada Jelly Bean, widget kini dapat Anda atur dengan lebih mudah berkat teknologi pintar yang disematkan kedalamnya. Ketika Anda menempatkan sebuah widget ke halaman utama, maka widget lain akan secara otomatis bergeser untuk memberikan ruang kepada widget yang baru.

8. Mematikan notifikasi untuk aplikasi tertentu tanpa menghapusnya

Anda merasa terganggu dengan masuknya notifikasi dari sebuah aplikasi? Tenang, pada Jelly Bean Anda dapat mematikannya tanpa harus melakukan proses uninstal aplikasi tersebut. Untuk mematikan notifikasi yang berlaku pada aplikasi tertentu, silakan ikuti tips berikut:
o Tekan menu dan masuk ke “kelola apl”
o Pilih aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya
o Hilangkan tanda centang pada “tampilkan pemberitahuan”

9. Efek Hujan Jelly Bean

Selain fungsi yang serius, Anda juga bisa mendapatkan efek hujan Jelly Bean yang lebih ditujukan untuk bersenang-senang. Anda dapat bermain-main dengan efek hujan ini cukup dengan masuk ke pengaturan. Selanjutnya masuk ke about phone dan lakukan tap beberapa kali pada keterangan Android Version yang terdapat disana. Setelah itu Anda akan melihat Jelly bean besar, lakukan tap beberapa kali hingga muncul Jelly Bean dalam jumlah banyak yang dapat Anda sapukan ke berbagai arah.

10. Barrel Roll

Sebagai bagian dari fitur unik Jelly Bean, Anda dapat melakukan trik barrel roll yang merupakan upaya Google untuk memamerkan kelebihan yang dimiliki oleh browser yang dimilikinya dengan menunjukkan efek menggelindingkan halaman situs yang sedang dikunjungi layaknya sebuah roda.

sumber : http://www.pulsa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s