5 Tips dan Trik Bermanfaat untuk Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi komputer terbaik yang ada hingga saat ini. Berbagai fitur dan program pendukungnya bisa dikatakan tidak terbatas. Walaupun begitu, jika kita mengetahui beberapa trik mengenai setting dan shortcut tentu akan menambah kenyamanan dan pengalaman dalam mengoperasikan Windows 7.
Berikut adalah beberapa tips dan trik Windows 7 yang mungkin bermanfaat untuk kita semua, untuk memaksimalkan penggunaan dan pengamalan kita saat mengoperasikan komputer.
Menonaktifkan Windows splash screen / welcome screen

Men-disable Windows splash screen bisa menghemat beberapa detik dari total waktu yang digunakan saat komputer baru dinyalakan (log on/booting), dan komputer Anda bisa lebih cepat dioperasikan.
Buka Windows Run (Logo Windows + R), kemudian ketik msconfig. Klik tab Boot, kemudian centang kotak di samping “No GUI boot”. Klik OK untuk menyimpan.
Melewatkan Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat file-file yang telah dihapus, sehingga kita bisa kapan saja mengembalikan file yang secara tidak sengaja terhapus. Namun jika Anda ingin menghapus sebuah file secara permanen, Anda bisa melewatkan Recycle Bin dengan menekakan Shift + Del, kemdian Shift + Enter.

Lebih jauh lagi, jika Anda ingin meniadakan fungsi Recycle Bin secara permanen, Anda bisa mengikuti trik ini. Pertama, klik kanan pada Recycle Bin dan pilih Properties. Tentuka drive mana yang Anda inginkan tidak menggunakan Recycle Bin kemudian pilih “Don’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted”. Klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.
Mengubah nama  (rename) pada banyak file sekaligus

Anda bisa mengubah nama (rename) banyak file sekaligus untuk menghemat banyak waktu. Untuk melakukannya, pilih file-file yang akan di-rename, kemudian tekan F2 pada keyboard.
gambar sebelum di-rename
Selanjutnya ketikkan nama file yang diinginkan dan tekan Enter. Maka semua file yang telah dipilih akan memiliki nama yang sama diikuti dengan angka secara berurutan di belakangnya. Jika Anda berubah pikiran dan ingin mengembalikannya, cukup tekan Ctrl + Z atau Undo.
gambar setelah di-rename
“Shake” Windows untuk meningkatkan RAM

Tahukah Anda bahwa meminimize program dan windows-windows yang terbuka sangat berpengaruh pada kinerja komputer? Praktekkan saja sendiri! Buka Aplikasi yang menampilkan kapasitas RAM Anda untuk agar Anda dapat melihat perubahannya.
Misalnya saat komputer Anda sedang menjalankan Windows Explorer, browser Firefox, Winamp/program multimedia, Microsoft Word, dll, maka komputer akan berjalan lambat karena kapasistas memory RAM terpakai untuk kesemua program tersebut. Nah, me-minimize beberapa jendela/program akan membebaskan banyak memory RAM komputer Anda. Karena itu sangat disarankan untuk me-minimize jendela/window yang sedang tidak Anda gunakan secara aktif, misalnya saat sedang mengetik di Ms. Word, maka sebaiknya minimize Winamp, Explorer, dan Firefox Anda.
Untuk memudahkan Anda me-minimize banyak program/window sekaligus, caranya adalah dengan menggunakan fitur unik pada Windows 7, yaitu “Shake Window”. Misalnya Anda sedang menggunakan Ms. Word, maka klik dan tahan mouse Anda pada title bar (bar bagian atas) dan kemudian “SHAKE” atau goyangkan title bar tersebut (seperti gerakan menghapus) hingga jendela program lainnya ter-minimize. Untuk me-restore semuanya kembali, “SHAKE” kembali title bar Anda dan semua program akan terbuka kembali.
Menggunakan wallpaper dan theme Windows 7 yang tersembunyi

Saat pertama menginstal Windows 7, maka sistem akan meminta Anda mengatur Bahasa, Zona Waktu, Mata Uang, dll. Hal tersebut untuk menandakan lokasi/kawasan dunia tempat Anda berada. Berdasarkan pengaturan tersebut, Windows 7 secara otomatis menginstal beberapa wallpaper dan theme (tema) dan menyembunyikan wallpaper & theme untuk kawasan lainnya. Artinya wallpaper dan theme yang terinstal pada Windows 7 Anda kemungkinan akan berbeda jika Anda mengatur Zona Waktu atau Bahasa yang berbeda.
Tapi ada cara sederhana jika Anda ingin meng-instal dan menggunakan wallpaper & theme yang tersembunyi tersebut:
1. Pada kotak search di Start Menu, ketikkan C:\Windows\Globalization\MCT dan tekan Enter.
2. Setelah itu Windows Explorer akan terbuka dan menampilkan beberapa folder seperti pada gambar di bawah. Di setiap folder tersebut terdapat wallpaper dan theme untuk kawasan-kawasan lain di dunia. AU untuk Australia, CA untuk Canada, GB untuk Great Britain, US untuk Amerika, dan ZA untuk South Africa.
Buka salah satu folder tersebut, maka di dalamnya akan terdapat folder Theme. Klik dua kali pada file theme tersebut untuk melihat/menggunakannya.
Itulah tadi beberapa tips dan trik Windows 7 yang bisa Anda coba. Beberapa mungkin sudah Anda ketahui dan praktekkan. Namun tetap saja, semoga bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s